TUGAS SOFTSKILL EKONOMI TEKNIK (TEMPLATE PROPOSAL)

Proposal Bisnis

Nama Perusahaan        : PT. Franchise Makanan Indo

Alamat                              : Jl. Trikora1 No.46

Telepon                           : (021) – 877xxxxx

Ringkasan Eksekutif

Kami PT. Franchise Makanan Indo sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa memasarkan produk tepat waktu dan bisa menjualnya dengan lancar. Produksi kami adalah membuat sebuah distribusi layanan francshise ayam goreng untuk franchisor  yang ingin bergabung dengan kami dan memasarkan produk kami pada masyarakat luas. Para franchisor dapat bergabung dengan kami dan akan di proses segala kebutuhan nya dalam waktu satu bulan

Tujuan

Dalam menjalani usahaini, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek:

Kami akan memasarkan produk franchise kami dan mencari franchisor untuk ikut bergabung dengan kami dalam memasarkan franchise kami. Pangsa pasar kami adalah kalangan umum dan perumahan terintegrasi.

Jangka menengah:

Kami akan membuat produk yang berbeda dari sebelumnya yaitu franchise burger bakar dan dapat menjangkau produk franchise kami ke seluruh indonesia. Pangsa pasar kami adalah kalangan umum dan perumahan terintegrasi

Jangka Panjang:

Kami akan terus berinovasi guna menjawab tantangan zaman.

Misi dan Visi Perusahaan

Visi :

Ikut dalam meningkatkan kualitas makanan di indonesia

Misi :

  • Membuat produk yang berkulitas, sehat, aman dan bergizi
  • Berusaha membuat hati masyarakat ikut senang dalam memilih makanan
  • Terus berinofasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri

Sekilas Perusahaan

  1. Franchise Makanan Indo adalah perusahaan penyedia dan pembuat franchise makanan di indonesia yang berkualitas, sehat, aman dan bergizi.

Kepemilikan Perusahaan

  1. Franchise Makanan Indo adalah perusahaan pribadi yang dimiliki oleh Muhammad Fahrul Rozi, ST

Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Franchise Makanan Indo adalah perusahaan penyedia dan pembuat franchise makanan di indonesia yang berkualitas, sehat, aman dan bergizi. . Didirikan pada 14 Oktober 2010 oleh Muhammad Fahrul Rozi. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Trikora1 No.46.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Antmedia Berlokasi di Jl. Trikora1 No.46. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 30×30 meter.

Produk

  1. Franchise Makanan Indo saat ini mempunyai satu produk, yaitu franchise ayam goreng yang berkualitas, sehat, aman dan bergizi Berikut ini adalah produk yang sedang kami buat

 Franchise Ayam Goreng

  • Ayam goreng dengan berbagai varian serta berbagai kenikmatan untuk masyarakat

 

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya. Pada setiap produk kami yang bernuansa ayam tentu akan selalu meningkatkan rasa ingin tahu terhadap produk kami, yang tujuannya adalah mengingatkan franchisor untuk selalu ingin tahu . Sedangkan pada setiap produk yang kami buat pun tentu akan berlisensi halal. Untuk harga, kami akan menjualnya franchise kami dengan harga 10 juta sudah termasuk keperluan lain lain.

Analisis Pasar

Maraknya produk makanan yang tidak sehat namun berkualitas bagus yang dijual murah di pasar tentu akan menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk kami. Namun begitu, kami berkeyakinan bahwa produk kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran kami memiliki pelanggan tetap yang tentunya lebih tertarik pada produk kami.

Analisis Industri

Saat ini kami mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan franchise lokal yang sudah menjual produknya ke pasar, namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau produk kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya perbedaan karakteristik. Selain itu, kami pun mengetahui bahwa mayoritas konsumen di negeri ini adalah muslim, yang tentunya menginginkan produk yang halal.

 Peramalan Pasar

Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai, Insya Allah kami siap bersaing di pasar Internasional, khususnya guna memenuhi kebutuhan konsumen muslim luar negeri.

Strategi Pemasaran

Strategi kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia bahan baku lokal  ternama dalam suplai bahan kami dan memasarkan produk kami lebih efektif.

Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari :

Divisi Produksi

  • Kepala Produksi

Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas

  • Product designer
  • Graphic Designer dan Animator
  • Photographer dan Writer
  • Supply Chain

 

Divisi Keuangan dan Manajemen

  • Kepala keuangan dan manajemen

Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional

  • Akuntan
  • Administrasi

 

Divisi Operasional dan Pemeliharan

  • Kepala operasional dan pemeliharaan

Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja.

  • Quality Control
  • OB

 

Divisi Pemasaran

  • Kepala pemasaran

Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.

  • Humas
  • Sales

 

Estimasi Biaya

Biaya Investasi

Perlengkapan kantor

  • 8 buah meja kerja
  • 4 buah cabinet
  • 3 set kursi tamu
  • 3 Dispenser
  • 4 buah AC

Perangkat Keras

  • 3 buah komputer P4
  • Sebuah Scanner
  • Sebuah Printer
  • Sebuah kamera digital
  • Sebuah Keyboard music
  • 4 buah Telepon

Perangkat Lunak

  • OS Windows 7 original
  • MS office 2010 original

Total biaya investasi = Rp. 50.000.000

Biaya Operasional

  • Sewa ruko 2 lantai selama lima tahun
  • Listrik selama setahun
  • Telepon selama setahun
  • Perlengkapan kantor setahun
  • Kemasan 3000 buah

Total biaya Operasional = Rp 30.000.000

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional

Rp. 50.000.000  + Rp. 30.000.000  = Rp. 80.000.000

Pendapatan

10 franchise setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = Rp. 100.000.000 pertahun

Keuntungan

Keuntungan = Pendapatan – Total Biaya

Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya

Rp. 100.000.000 : Rp. 10.000.000 = Rp. 10.000.000

R/C sebesar Rp. 10.000.000 menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan.

Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual

Rp. 10.000.000 : Rp 10.000.000 = 1 franchise

BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi

Rp. 10.000.000 : 10 franchise = Rp. 1.000.000/franchise

 

Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 10 franchise/tahun dan tingkat harga jual Rp. 1.000.000/franchise

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s